Martabak Kentang



Martabak Kentang

Bahan Membuat Martabak Kentang Mini :

Bahan Kulit:

250 gram tepung terigu
80 ml air
1/2 sdt garam

Bahan Isi martabak :

5 butir telur ayam
250 gram kentang (kukus matang, lalu kupas dan potong dadu kecil)
2 sdt ROYCO rasa sapi
250 gram daun bawang (iris halus)
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica bubuk
250 gram bawang bombay (iris halus)
1 sdt jintan bubuk
1 sdt garam
1 sdt kunyit bubuk
minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Martabak Kentang :

Langkah pertama, Membuat Kulit: campur air dengan garam sampai larut. Lalu campur tepung terigu dengan air garam tersebut, kemudian uleni sampai menjadi adonan yang dapat dibentuk. Setelah itu diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit. Lalu bagi adonan menjadi 20 bagian, kemudian bentuk menjadi bola-bola dan diamkan selama kurang 1 jam dan jangan lupa tutup dengan serbet yang bersih.
Selanjutnya, Membuat Isi: kocok telur lepas, lalu masukkan ketumbar beserta jintan, garam, merica, kunyit dan bumbu penyedap ROYCO rasa sapi, Kemudian aduk rata. Setelah itu tambahkan kentang, bawang bombay dan daun bawang, lalu aduk hingga rata.
Terakhir, Penyelesaian: panaskan wajan pipih, lalu ambil satu adonan dan bentangkan hingga terlihat menipis, kemudian taruh di wajan dan beri isian secukupnya. Selanjutnya, Lipat menjadi bentuk amplop dan goreng hingga matang (kuning keemasan). Setelah itu sajikan hangat martabak kentang buatan bersama cabe rawit atau kuah cuko

Note : Cara Membuat Kuah Cuko : Didihkan 1 liter air, lalu masukkan 1/4 kg gula jawa/gula aren ( yang warnanya agak hitam), Kemudian tambahkan larutan air asam jawa secukupnya (sesuaikan selera). Setelah itu haluskan 7 siung bawang putih beserta 10 buah cabe rawit (atau sesuai selera) dan garam secukupnya. Setelah halus, masukkan ke dalam rebusan air gula dan asam jawa yang telah didihkan. Lalu aduk sebentar. kemudian Matikan kompor dan dinginkan kuah cuko. Setelah kuah cuko dingin, saring lalu buang ampasnya. Selesai.
 
Aneka Gorengan lezat ini dapat Anda pesan di Arjuuna Catering

No comments:

INSTAGRAM FEED

@fathur_rosyid354